Syarat & Ketentuan

Selamat datang di Laku.id.

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Laku terkait penggunaan situs laku.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs laku.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Laku. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di laku.id.

  1. Definisi
  2. Akun, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
  3. Transaksi Pembelian
  4. Transaksi Penjualan
  5. Penataan Etalase
  6. Biaya Layanan Platform
  7. Harga
  8. Biaya Pengiriman
  9. Konten
  10. Jenis Barang
  11. Pengiriman Barang
  12. Penarikan Dana
  13. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
  14. Pelepasan
  15. Ganti Rugi
  16. Pilihan Hukum
  17. Pembaharuan
  1. Definisi

    1. Laku adalah platform digital yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal laku.id, yakni situs penjualan barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Laku.
    2. Situs Laku adalah laku.id.
    3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Laku yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Laku, serta tata cara penggunaan sistem layanan Laku.
    4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Laku, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Laku.
    5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Laku.
    6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Laku.
    7. Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
    8. Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Laku untuk menampung dana hasil penjualan Barang, dan/atau komisi affiliate pada Situs Laku. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar.
  2. Akun, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan

    1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    2. Laku tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
    3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) email hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Laku.
    4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.
    5. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
    6. Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Laku berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya.
    7. Laku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
    8. Laku memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Laku. Pengguna menyetujui bahwa Laku berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
    9. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Laku, termasuk namun tidak terbatas pada :
      • manipulasi data Toko;
      • kegiatan perambanan (crawling/scraping);
      • kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb;
      • penambahan produk ke etalase; dan/atau
      • aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
    10. Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang, dan/atau komisi affiliate pada Situs Laku dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
    11. Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
    12. Laku memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Laku.
    13. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan/atau domain alias toko Pengguna yang telah di berikan oleh Laku.
    14. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun dan menggunakan domain Pengguna sendiri. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun dan/atau domain telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.
    15. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
    16. Laku tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Laku menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Laku atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    17. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Laku jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
    18. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Laku tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    19. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut
      • Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia;
      • Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.
  3. Transaksi Pembelian

    1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Laku. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Laku akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Laku telah selesai.
    2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
      1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
      2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Laku tergantung pada monitor komputer Pembeli. Laku telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Laku muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Laku akan akurat.
      3. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
      4. Laku tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
    4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Laku dan/atau tanpa sepengetahuan Laku (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Laku atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
    5. Laku memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Laku memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
    7. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Laku.
    8. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Laku. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
    9. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
    10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Laku adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
    11. Pengembalian dana dari Penjual kepada Pembeli diluar tanggung jawab Laku. Laku hanya berperan sebagai fasilitator agar transaksi dapat terjadi.
    12. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan di luar Laku
    13. Laku berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Laku adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
    14. Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli.
    15. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Laku tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
    16. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  4. Transaksi Penjualan

    1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
    2. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang.
    3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Laku berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
    4. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Laku berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
    5. Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
      • Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
      • Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Laku; dan/atau
      • Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
    6. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasukhari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Laku.
    7. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
    8. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
    9. Laku berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Laku adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
    10. Laku berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
    11. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  5. Penataan Etalase

    1. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
    2. Penamaan Barang dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang tersebut.
    3. Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
    4. Laku berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan penurunan konten dan/atau moderasi toko, apabila didapati pelanggaran Syarat & Ketentuan yang berlaku pada situs Laku
    5. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
    6. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
    7. Laku memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
    8. Laku memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Laku.
  6. Biaya Layanan Platform

    1. Laku mengenakan Biaya Layanan Platform untuk transaksi yang dilakukan melalui Situs Laku sebesar 5% dari nilai transaksi.
    2. Nilai transaksi yang akan dikenakan Biaya Layanan Platform adalah nilai transaksi di luar Biaya Layanan Pembayaran dan Biaya Pengiriman.
    3. Laku dapat merubah besaran Biaya Layanan Platform sewaktu waktu dengan menginformasikan terlebih dahalu kepada Penjual
  7. Harga

    1. Harga Barang yang terdapat dalam situs Laku adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
    2. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs Laku. Laku berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Laku atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Laku dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
    4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Laku.
    6. Dengan melakukan pemesanan melalui Laku, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
    7. Situs Laku untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.
  8. Biaya Pengiriman

    1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa Laku telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Laku tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
    2. Karena itu Laku menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan Laku, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab Laku
    4. Jika Biaya Pengiriman yang di tagihkan oleh pihak logistik lebih tinggi dari pada Biaya Pengiriman yang di bayarkan oleh Pembeli, maka Laku berhak untuk melakukan penarikan dana dari Saldo Penghasilan Penjual
  9. Konten

    1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Laku, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Laku, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Laku. Laku berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
    2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
    3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
    4. Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Laku berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
    5. Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Laku dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Laku hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Laku.
    6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Laku. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Laku.
    7. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Laku bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
    8. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi Laku melalui Feed akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
    9. Laku berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
  10. Jenis Barang

    Berikut ini adalah daftar jenis Barang yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Laku:

    1. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
    2. Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
    3. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
    4. Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
      1. SNI;
      2. Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
      3. Label dalam Bahasa Indonesia.
    5. Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut.
    6. Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
    7. Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.
    8. Iklan.
    9. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
    10. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
    11. Seragam pemerintahan.
    12. Bagian/Organ manusia.
    13. Mailing list dan informasi pribadi.
    14. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
    15. Atribut kepolisian.
    16. Barang hasil tindak pencurian.
    17. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
    18. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
    19. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
    20. Hewan.
    21. Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.
    22. Materai.
    23. Perlengkapan dan peralatan judi.
    24. Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (telepon, listrik, game, dan/atau credit digital), tiket pesawat dan/atau tiket kereta.
    25. Tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik.
    26. Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya
    27. Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
    28. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  11. Pengiriman Barang

    1. Pengiriman Barang dalam sistem Laku wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Laku yang dipilih oleh Pembeli.
    2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
    3. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
    4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
    5. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Laku tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
    6. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya bukan merupakan tanggung jawab Laku
  12. Penarikan Dana

    1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.
    2. Setiap penarikan dana akan di bebankan biaya sebesar Rp. 5.000.
    3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Laku, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Laku berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
    4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin L. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Laku.
  13. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

    Laku adalah portal web dengan model Business to Customer, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual di website Laku. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Laku yang bertindak sebagai Penjual dan Pembeli sebagai Customer dari Penjual, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Laku secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

    Laku selalu berupaya untuk menjaga Layanan Laku aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Laku memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

    Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Laku atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Laku diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

    Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Laku (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Laku bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Laku.
    • Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Laku.
    • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Laku.
    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
    • Kualitas Barang.
    • Pengiriman Barang.
    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
    • Perselisihan antar pengguna.
    • Pencemaran nama baik pihak lain.
    • Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Laku, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Laku ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    • Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Laku.
    • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Laku.
    • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Laku.
    • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Laku yang diduga palsu.
    • Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
  14. Pelepasan

    Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Laku (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  15. Ganti Rugi

    Pengguna akan melepaskan Laku dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Laku (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Laku yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

  16. Pilihan Hukum

    Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

  17. Pembaharuan

    Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Laku menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Laku, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

Last update: 14 May 2020